Sabtu, 25 Mei 2013

Manfaat Pepaya

Pepaya yang dikenal dengan Caricapapaya adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat dan penuh nutrisi. Pepaya membutuhkan suhu rendah untuk pertumbuhan dan sangat cocok di daerah tropis, karena itu populasi pohon pepaya sangat banyak di negara kita. Sehari-hari kita pasti dengan mudah mendapatkan buah pepaya.

Pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk mencegah penyakit saluran pencernaan dan mempertahankan pergerakan usus secara normal. Buah pepaya mengandung serat cukup tinggi yang dapat mencegah kanker usus besar.

Selain itu, buah pepaya juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan permukaan kulit yang kasar. Defisiensi vitamin A juga dapat menyebabkan xerophthalmia yaitu terjadinya kekeringan pada selaput lendir mata (konjunctiva) dan selaput kering mata (kornea). Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi buah pepaya. Selain vitamin A, pepaya juga kaya dengan vitamin C dan beta-carotene yang memainkan peran penting sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk menghilangkan zat-zat beracun di dalam tubuh dan berkhasiat langsung terhadap kesehatan kulit seperti mencegah peradangan dan menghilangkan sel-sel kulit yang mati.

Penggunaan langsung buah pepaya dalam perawatan kulit pun sangat manjur untuk mengobati dan mencegah timbulnya jerawat, kulit keriput dan kulit kering. Getah pepaya juga dapat digunakan untuk mengurangi kapalan dan kulit kasar pada tangan dan kaki. Menerapkan ini sehari-hari akan memberikan hasil yang menakjubkan.

Di samping itu, buah pepaya juga merupakan sumber yang baik dalam program diet serat untuk kesehatan pencernaan. Pil pepaya digunakan sebagai antacid alami yang dapat meredakan sembelit. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh sangat banyak, karena itu kami menyarankan untuk mengkonsumsi pepaya secara rutin, atau menanam pohon pepaya di sekitar rumah anda dan menjadikannya sebagai salah satu dokter alami anda.

Selain dengan mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang, manfaat pepaya juga bisa anda peroleh dengan menggunakan produk-produk berbahan dasar pepaya yang banyak dijumpai di pasar, seperti sabun pepaya, kecap pepaya, pil pepaya, manisan pepaya dan sebagainya.

Menurut penelitian terakhir yang dilakukan oleh Tim peneliti dari University of Karachi di Pakistan, menemukan beberapa manfaat penting buah pepaya bagi kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.
   
2. Mencegah Flu
Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker
  
3. Menjaga Ginjal Sehat
Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.
  
4. Mencegah Serangan jantung dan Stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.
  
5. Mempertajam Penglihatan
Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6. Manfaat lainnya
Buah pepaya juga bermanfaat sebagai detoksifikasi alami, membersihkan racun-racun yang berbahaya di dalam tubuh. Kandungan magnesium pada pepaya diketahui bermanfaat untuk menghilangkan jerawat serta dapat mempercepat penyembuhan akibat cedera.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar